Home / Places To Go  / 5 Candi Cantik Tempat Wisata Masa Lampau di Yogyakarta dan Magelang

5 Candi Cantik Tempat Wisata Masa Lampau di Yogyakarta dan Magelang

featured

SmailingExpress - Bisa dibilang Yogyakarta adalah rumah dari banyak candi karena banyaknya candi-candi peninggalan zaman kerajaan Hindu-Budha di nusantara. Candi-candi ini memiliki arsitektur yang unik dan cantik dan rasanya cocok sekali untuk dijadikan obyek foto liburan. Candi apa sajakah mereka? Yuk, kita lihat.

5. Candi Borobudur

konten-1

Siapa sih yang tak kenal candi yang satu ini. Sebagai candi Budha yang terdaftar di Warisan Dunia UNESCCO karena kemegahan serta relief yang bernilai seni tinggi, nama Borobudur dikenal oleh para wisatawan asing.

 

Candi ini memiliki tiga tingkat yang masing-masing mewakili sistem dunia dalam ajaran Budha, yaitu dunia hasrat dan nafsu (kamadhatu), dunia bentuk (rupadhatu), dan dunia tanpa bentuk (arupahatu). Di tiga tingkatan ini kita juga dapat menemukan 4 cerita yang terpahat dalam relief. Untuk menikmatinya harus berjalan searah jarum jam.Aristektur yang megah dari abad ke-8 masehi ini menjadi tujuan wisata nomor satu di Indonesia.

 

Sedikit tips ketika mengunjungi Borobudur adalah membawa air putih yang cukup karena tempatnya yang luas dan harus berjalan kaki untuk mengelilinginya. Waktu yang paling baik untuk menikmati Borobudur adalah saat matahari terbit di mana kita masih bisa melihat Borobudur dan sekelilingnya diselimuti kabut, dan menyaksikan matahari terbenam dari atas candi yang memberikan rasa damai.

 

 4. Candi Prambanan

konten-2

Candi Prambanan adalah candi terkenal nomor dua setelah Borobudur. Berbeda dengan Borobudur yang merupakan candi Budha, Prambanan adalah candi Hindu dan juga merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Kompleks Candi Prambanan memiliki 3 candi utama yang masing-masing melambangkan Wisnu, Brahma, dan Siwa. Masing-masing candi utama ini ditemani oleh satu candi pendamping, Garuda untuk Wisnu, Angsa untuk Brahma, dan Nandini untuk Siwa. Secara total ada 224 candi yang ada di kompleks ini.

 

Candi Prambanan dapat dinikmati setiap waktu. Tapi tidak ada salahnya juga menikmati kecantikan candi Hindu ini pada waktu matahari terbit dan terbenam. Jangan lupa membawa topi dan air minum jika mengunjungi candi pada siang hari.

 

3. Candi Plaosan

konten-3

1 km sebelah Utara dari candi Prambanan terdapat Candi Plaosan. Paduan gaya arsitektur Hindu dan Budha memberikan sentuhan unik pada Candi Plaosan.

Candi yang dibuat oleh Rakai Pikatan untuk istrinya ini memiliki dua kelompok yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Masing-masing  memiliki teras berbentuk segi empat.

Meski tak semegah Borobudur atau Prambanan, Candi Plaosan berdekatan dengan sawah sehingga menampilkan pemandangan cantik di sore hari.

 

2. Candi Sambisari

Berdiri lebih rendah dari sekitarnya, Candi Sambisari adalah salah satu candi unik yang ada di Yogyakarta. Candi yang satu ini membutuhkkan waktu 21 tahun agar dapat dinikmati setelah pertama kali ditemukan 1966.

 

Candi terdiri dari 1 candi utama dengan 3 candi pendamping.  Berbeda dengan candi Jawa pada umumnya, Candi Sambisari tidak memiliki alas.

 

Di dekat candi ini tersedia pusat informasi di mana kita dapat melihat foto-foto saat penggalian candi dan berbagai fakta tentang Candi Sambisari.

 

1. Candi Ratu Boko

konten-4

Candi yang satu ini jarang terdengar namanya namun memiliki pesona yang tak kalah dengan Prambanan atau Borobudur. Daripada dibilang sebuah candi rasanya Ratu Boko lebih mendekati istana.

 

Berlokasi di sebelah selatan Prambanan, Candi ini terbagi ke dalam empat bagian. Di dalam kompleks Candi Ratu Boko ini terdapat lapangan, kolam, candi pembakaran, pendopo, dan stupa Budha.

 

Jika sedang berada di Candi Ratu Boko jangan melewatkan kesempatan menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Share This:

marco.anthony@smailingtour.co.id

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT