Home / Traveler Lifestyle  / Travel Guide  / Tips & Tricks  / 6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

SmailingExpress – Memang sudah bukan rahasia lagi jika Dubai adalah kota yang modern, penuh dengan bangunan megah berarsitektur unik di sepanjang jalan-jalan utamanya. Namun meski begitu, Dubai masih mempertahankan warisan budaya masa lalunya yang dapat terlihat dari adanya souk, museum, dan masjid-mesjid tua. Jika sedang berada di Dubai ada baiknya kunjungi juga tempat-tempat yang menggambarkan Dubai di masa lampau, ini untuk merasakan budaya Emirati dari dekat.

6. Bastakiya

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

Bastakiya – dikenal juga sebagai kawasan bersejarah Al Fahidi, adalah lingkungan tempat tinggal yang didirikan sekitar tahun 1900-an oleh para pedagang tekstil dan mutiara dari Bastak, Iran. Suasana masa lalu terasa kental sekali apabila kita berjalan menyusuri jalan-jalan yang mirip labirin, melewati cafe dan art gallery, serta berjumpa dengan beragam boutique hotel yang menawarkan tempat tinggal bagi turis yang ingin menginap di Bastakiya. Suasana masa lalu juga semakin terasa dengan bentuk bangunan khas era saat kawasan ini didirikan. Menara angin dan rumah-rumah pedagang masa lalu berdiri kokoh dengan dominasi warna krem dari bebatuan khas Timur Tengah.

 

Kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di Bastakiya adalah menikmati cultural breakfast di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding. Siangnya kita dapat mengunjungi Dubai Museum. Setelahnya makan malam di Bastakiah Night Restaurant juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Bagian dalam restoran inidihiasi dengan dekorasi tradisional. Dari sini juga kita dapat melihat Dubai Creek yang menawan.

 

5. Dubai Museum

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

Terletak di kawasan Al Fahidi, Dubai Museum adalah tempat di mana kita dapat mempelajari kehidupan masyarakat Dubai pada masa lalu. Tampilan luar Dubai Museum sangat ikonik dengan beberapa meriam yang berjejer mengapit pintu masuk. Di dalamnya kita bisa melihat diorama dari kehidupan masa lalu masyarakat Dubai seperti suasana pasar tradisional (souk), rumah-rumah dan masjid kuno hingga replika kapal dagang. Semenjak dibuka pada tahun 1971, Dubai Museum tetap menjadi daya tarik bagi turis yang berkunjung ke Dubai.

 

4. Dubai Creek

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

Satu abad yang lalu Dubai Creek adalah pusat perdagangan dunia. Mengalir membelah area di Dubai menjadi dua area – Bur Dubai dan Deira, Dubai Creek menjadi saksi bagaimana kota ini berkembang dari sebuah tempat di mana kapal-kapal dagang bersandar hingga menjadi kota moderen. Selalu sempatkan waktu untuk mengikuti atraksi utama di Dubai Creek, yaitu menaiki taksi air tradisional yang berkeliling menyusuri sungai. Dari atas taksi air kita dapat melihat rumah-rumah kuno dan moderen yang berada di sepanjang pinggiran sungai.

 

3. Al Shindagha

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

Al Sindhagha adalah salah satu tempat wisata sejarah yang tidak boleh dilewatkan jika kita sedang berada di Dubai. Bermula dari sebuah kawasan dagang pada masa lalu, dan juga merupakan tempat tinggal dari keluarga Al Maktoum – pendiri kota Dubai, kawasan Al Shindagha adalah tempat yang tepat untuk mengenal sejarah Dubai. Di Al Shindagha juga terdapat museum yang dulunya adalah rumah Sheikh Saeed al Maktoum yang bisa dikunjungi.

 

2. Pearl Museum

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

Zaman dulu mutiara merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat Dubai karena wilayahnya cocok menjadi tempat berkembangnya tiram. Karena mutiara memiliki hubungan yang kuat denngan Dubai maka pada tahun 1940, seorang pedagang mutiara dan anaknya – Sultan Ali bin Abdullah Al Owais, mendirikan museum mutiara yang dapat dikunjungi. Di dalamnya kita dapat melihat koleksi-koleksi mutiara yang cantik.

 

1. Tur Mesjid

6 Tempat untuk Melihat Wajah Dubai Masa Lampau

Wisata budaya dan sejarah di Dubai bukan hanya bisa ditemukan di museum saja. Kita bisa mencoba menikmati tur masjid. Mengunjungi berbagai masjid seperti Masjid Jumairah, Masjid Al Khattab Umar bin Al Farooq dan Islamic Center.

Share This:
POST TAGS:

marco.anthony@smailingtour.co.id

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT