Home / Places To Go  / Asia  / Selangor: Kota Wisata Malaysia dengan Sentuhan Jawa dan Minangkabau

Selangor: Kota Wisata Malaysia dengan Sentuhan Jawa dan Minangkabau

selangor

Secara umum kawasan Selangor cukup landai dimana kawasan Pegunungan Titiwangsa berada di sisi Timurnya. Kawasan Selangor juga menjadi wilayah sangat pesat perkembangannya dimana mobilitas penduduknya juga sangat intens. Hal ini kembali lagi karena Selangor berada mengelilingi ibukota negara.

 

Selangor sendiri terbagi dalam 9 daerah yaitu Kuala Selangor, Gombak. Klang, Petaling, Kuala Langat, Hulu Selangor, Hulu Langat, Sabak Bernam, dan Sepang. Sedangkan kota-kota utama yang berada di dalam kawasannya ialah Shah Alam, Klang, Kajang, Banting, Petaling Jaya, Subang Jaya, Puchong, Rawang, dan Semenyih.

 

Transportasi untuk menuju Selangor tentu saja sangat mudah, dimana transportasi udara dapat dipilih dengan tujuan Bandara KLIA ataupun Bandara Sultan Abdul Aziz Shah yang memang masuk dalam kawasan Selangor. Selain itu, transportasi darat dengan Bus dan kereta KTM juga sangat mudah didapat dari berbagai kota di kawasan Semenanjung Malaysia.

 

Sedangkan untuk transportasi di dalam kawasannya sendiri, metro bus, commuter, ataupun kereta KTM dapat menjadi pilihan yang sangat mungkin. Alternatif lain ialah dengan menggunakan Taksi yang cukup banyak tersedia di kawasan kota besarnya.

Selangor juga menjadi sangat ramai wisatawan karena di Selangor ini banyak destinasi wisata utama di Malaysia. Beberapa diantaranya ialah Batu Caves, Lagoon Theme Park, dan i-city.

 

Perlu diketahu juga bahwa Pengunaan bahasa Inggris lebih sering digunakan oleh orang-orang yang ada di Selangor terutama di perkotaan. Selain itu Bahasa Mandari, Tamil, dan Melayu juga menjadi bahasa utama sesuai etnis dari masing-masing individu. Hal ini kembali lagi karena Selangor juga termasuk kawasan di Malaysia yang multi-etnis.

Berkeliling kawasan selangor terutama di kota-kota utamanya dan terdekat dengan KL, terbilang cukup nyaman karena fasilitas publik yang memadai. Jalur Pedestrian juga cukup baik dengan kondisi lingkungan yang terkenal cukup aman.

 

Hanya saja kewaspadaan tetap harus dijaga karena kasus pencurian dan penjambreta tercatat mengalami peningkatan. Untuk itu, sebaiknya tidak mencolok dalam membawa barang dan pastikan juga jangan terlihat bingung.

Membicarakan wisata di suatu tempat, maka tak lengkap jika tidak membahas kulinernya.

Di Selangor, masakan Melayu cukup menjadi primadona. Kebanyakan masakan melayu ini juga terpengaruh dari Minangkabau dan Jawa sehingga jangan heran jika banyak dijumpai menu yang mirip dengan masakan Indonesia.

Selain itu, masakan Chinese dan India juga bisa dijumpai di banyak kedai makan baik di pusat kota maupun kawasan luar kota di Selangor.

Share This:

marco.anthony@smailingtour.co.id

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT